Malem Guys aku coba untuk menjadi anak blogger yang aktif. Oh iya udah lama aku nggak post something, kali ini aku bakalan post pengalamanku sebagai delegasi perwakilan dari Hima Sistem Informasi Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya, Untuk berpartisipasi di Seminar Nasional dan Sidang musyawarah nasional pembentukan Ikatan Mahasiswa Sistem Informasi Indonesia 2016 yang diselenggarakan di Telkom University Bandung pada tanggal 15-16 Maret 2016. Di Ikuti lebih dari 10 Perguruan Negri maupun Swasta dari seluruh Indonesia.

Pada kesempatan kali ini aku enggak berangkat sendirian tapi aku ditemani partner dari divisi humas mbak Danica Audy Oryza. Kita berangkat hari senin jam 4  sore dari stasiun gubeng Surabaya. Tiba di Bandung pada hari selasa pagi jam 6, sesampainya di Bandung kita langsung membeli sarapan, ada hal yang unik ketika kita membeli sarapan. Hal unik tersebut adalah mbak danica ternyata alergi minum teh hahaha -_-” , padahal teh sendiri minuman yang wajar dan banyak disukai orang hehehe,oke skip. Setelah kita selesai sarapan kemudian kita bersih diri dan bersiap untuk melanjutkan perjalanan menuju gedung damar di Telkom University.

Processed with VSCO with a6 preset
Suasana kota Bandung pada pagi hari

Ketika kita hendak berangkat menuju kampus Telkom University, kita bingung menggunakan transportasi apa. Pada saat itu kita tidak bisa menggunakan voucher uber taxi, di karenakan ada pemberhentian kerja sementara dan demo oleh pengemudi taxi konvensional. Menurutku hal ini disebabkan karena ketidak siapan oleh beberapa orang dalam menghadapi pemanfaatan Teknologi di kehidupan. Serta tidak lupa kesiapan dalam bersaing di dunia bisnis pada era digital yang masih belum siap. Topik yang menarik untuk kita simak, karena pada era informasi seperti sekarang  ini, Teknologi diharapkan menjadi solusi dari berbagai bidang untuk membantu mempermudah pekerjaan manusia. Oleh sebab itu penerapan Teknologi sendiri harus dibarengi dengan penerimaan terhadap user itu sendiri. Tapi tidak-papa pasti ada hikmah dibalik semuanya hehe. Akhirnya kita berdua memutuskan untuk menaiki transportasi publik yaitu dengan naik Trans Bandung dan Angkot.

Setelah kita sampai di gedung damar Telkom Univ. Kita dijemput oleh LO kita namanya RAYA. Aku lupa nama lengkapnya hahaha. Setelah mengisi berkas registrasi,berfoto-foto,dll beres kita di antar masuk ke ruangan untuk mengikuti seminar nasional yang diisi oleh Prof. Dr. Ir. Richardus Eko Indrajit M.SC., M.B.A dan bpk. Rahmat Mulyana S.T., M.T., M.B.A. PMP. CISA. CISM. CGEIT. CRISC. ITIL-F, COBIT5F dengan tema “PERANAN MAHASISWA SISTEM INFORMASI DALAM MENGHADAPI MEA” . Singkat isi dari pembahasan Prof. Eko lebih konsen terhadap keprofesian. Kita harus memiliki sertifikasi dan kompetensi keahlian bestandar internasional  untuk dapat bersaing di dalam era mea.  Harapannya kita dapat menjadi lulusan mahasiswa yang memiliki kompetensi berstandar internasional sehingga mampu bersaing dengan tenaga kerja luar dan mengurangi tingkat penganguran tentunya. Kemampuan berkomunikasi dengan bahasa internasional juga sangat penting untuk kita dapat masuk dan bekerja di luar negri. Sedangkan bpk. Rahmat mulyana lebih membahas tentang ruang lingkup Teknologi dan Sistem Informasi. Jurusan Sistem Informasi sendiri berada pada 2 kaki yaitu bisnis dan IT dimana IT diharapkan menjadikan solusi pada organisasi/perusahaan untuk meningkatkan nilai dan memiliki keunggulan dalam bersaing. Sedangkan ketika ketika kita membahas Teknologi merupakan Ilmu yang sangat luas. Kemampuan berpikir secara runtut dan divergen, dengan dibarengi pengalaman saja belum tentu mampu menghasilkan solusi dengan maksimal. Oleh sebab itu untuk mendapatkan kopetensi yang pas, kita dapat bebas untuk meraih sertifikasi sesuai minat dan kemampuan di bidang Teknologi. Jurusan Sistem Informasi sendiri tidak hanya focus pada kemampuan dalam mengolah bahasa pemrograman tertentu saja, namun masih banyak hal lain yang juga dapat kita perdalam seperti Meneliti tingkat penerimaan teknologi, Perencanan strategis Teknologi Informasi,Audit TI, Tata-kelola TI, Analisis System, Menejemen Resiko,dll. Itu juga merupakan contoh matakuliah yang ada di jurusan Sistem Informasi Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya

13094133_1699991496954876_1903364283667981123_n

13125032_1700012153619477_4651927382682809673_n

Setelah kita mendapat materi ilmu yang bermanfaat dan keren-keren, pada akhir acara ditutup dengan penampilan band akustik dari Telkom Univ. Acara seminar nasional pun berakhir dan waktu sore hari tiba kita diarahkan untuk menuju hotel dengan menaiki transportasi yang telah disediakan oleh panitia.

Suasana Keesokan harinya agenda yang ditunggu-tunggu oleh para organisatoris kampus yaitu sidang dan musyawarah nasional pembentukan Ikatan Mahasiswa Sistem Informasi Indonesia. Pada agenda kali ini diikuti oleh peserta sidang dari perwakilan tiap-tiap kampus yang ada di Indonesia.

Setibanya rombongan dari Universitas Airlangga dan Stikom Surabaya.
Processed with VSCO with a6 preset
Registrasi peserta sidang.

Pada musyawarah nasional kali ini kita dipimpin oleh 3 Presidium dari perwakilan 3 kampus yaitu dari Univ.Gajayana Malang, Telkom University, dan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Pada musyawarah tertutup kali ini, untuk mencapai kesepakatan hasil musyawarah di bentuklah 3 komisi formatur perumusan AD-ART, GBHO, Struktural Organisasi. Aku masuk di tim formatur komisi perumusan AD-ART IMSII. Aku bersyukur bisa bekontribusi dan saling bertukar ide pendapat dengan mahasiswa-mahasiswi aktif yang cukup keren-keren dan kritis dari berbagai daerah di Negri tercinta Indonesia yang luas ini. Kemampuan berpikir secara kritis dan logis membuat suasana menarik, tapi tidak lupa diselangi dengan candaan hehehe.

Processed with VSCO with a6 preset
Perumusan AD-ART oleh komisi 1

Setelah seluruh komisi menyelesaikan hasilnya, maka dilanjutkan untuk pembacaan hasil ke forum peserta musyawarah untuk mendiskusikan hasil dari masing-masing komisi. Suasana yang kritis perbedaan pendapat dan membangun menjadikan suasana sangat berwarna.

Processed with VSCO with a6 preset
Suasana sidang
Processed with VSCO with a6 preset
Diskusi antar peserta sidang

Setelah seluruh komisi telah menyampaikan hasil masing-masing dari perumusaannya. Masuklah ke waktu penentuan pejabat pengurus Ikatan Mahasiswa Sistem Informasi Indonesia. Namun sayang, aku dan delegasi dari Stikom Surabaya serta teman-teman delegasi perwakilan dari Universitas Airlangga tidak bisa mengikuti sampai berakhir jalannya sidang. Kita harus kembali ke Surabaya dikarenakan sudah mendekati jam yang tertera pada tiket pulang kita yang sudah dibeli. Sehingga kita harus berpamitan terlebih dahulu kepada peserta sidang musyawarah yang lain.

IMG_8827

Setelah berpamitan dan berfoto bersama aku dan mbak danica berpisah dengan windra dan okik dari Unair. Karena pesawat kita berbeda jam dengan jadwal pulang mereka. Aku pun dan mbak danica segera menuju bandara dengan kecepatan penuh hahaha 😀 sementara windra dan okik pergi untuk mengexplore kota Bandung terlebih dahulu.

Processed with VSCO with a6 preset
boarding pass

And well daratan Surabaya sudah terlihat waktu kembali untuk meneruskan perjuangan sebagai mahasiswa telah memanggil hehehe 😀 . Semoga ilmu dan pembelajaran dari Bandung dapat menjadikan aku lebih baik lagi dan dapat berkontribusi untuk teman-teman di Indonesia semua.

Processed with VSCO with a6 preset

Oh iya tidak ketinggalan hasil dari pemilihan Presiden dan Wakil Presiden adalah Mas Pras dari Telkom University sebagai Presiden dan mas Aziz dari KBMSI Universitas Brawijaya sebagai Wakil Presiden. Selamat buat mereka semoga dapat mengemban tugas dengan penuh amanah dan tanggung jawab :D.

13100853_1700005076953518_268859082276025307_n


Terima Kasih aku ucapkan untuk Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya dan prodi Sistem Informasi yang telah mendukung dan mengizinkan kita berpartisipasi di acara ini.

Dan sampai saat ini alhamdulillah kurang lebih sudah 30 Perguruan Tinggi di Indonesia dengan jurusan Sistem Informasi yang telah bergabung dengan Ikatan Mahasiswa Sistem Informasi.

Oke deh, sekian cerita dari aku udah malem waktunya aku bobok hahaha

Oh iya untuk segala pertanyaan terkait tentang IMSII atau keinginan untuk bergabung dalam keluarga IMSII dapat mengunjungi situs

http://imsii.com/

Thank you so much !!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s