Hallo guys,..! Semoga kabar baik selalu menyertai anda dan keluarga hehehe. Pada malam kali ini aku bakalan post pengalaman kemarin waktu studi ekskursi ke Jakarta bersama HMSI Stikom Surabaya. Studi ekskursi sendiri merupakan salah satu proker yang ada di divisi Humas HMSI Stikom Surabaya. Secara singkat tujuan dan maksud proker ini adalah mahasiswa SI Stikom Surabaya mendapatkan wawasan tentang teknologi dan dunia Sistem Informasi secara langsung dari dunia kerja. Pada kegiatan kali ini Allhamdulillah aku diberi kepercayaan untuk menjadi ketua pelaksana. Suatu kepercayaan besar dan kehormatan bagi aku. Aku akan bercerita mengenai persiapan hingga eksekusi hari H.

Studi ekskursi HMSI Stikom Surabaya dilaksanakan pada tanggal 29,30,31 Agustus 2016 hingga tiba kembali di Surabaya pada tanggal 2 September 2016. Kota yang dituju pada kegiatan kali ini adalah Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Yups Jakarta sebuah kota besar dengan segala hingar bingarnya dan sekaligus menjadi ibukota dari Republik Indonesia. Perusahaan/Instansi yang kami kunjungi antara lain adalah Oracle Indonesia,Go-jek Indonesia,dan Galeri Seni Nasional. Sedangkan untuk Universitas/Perguruan Tinggi yang kami singgahi untuk berbagi ilmu adalah Universitas Kristen Krida Wacana. Kegiatan ini diikuti oleh 29 anggota beserta pengurus HMSI Stikom Surabaya dan 1 orang dosen pembimbing dari pembina HMSI Stikom Surabaya yaitu bpk.Valentinus Roby. Kegiatan ini terselenggara berkat izin dari Dekan serta Kaprodi kita. Suatu pelajaran berharga terkait menejemen organisasi yang aku dapetin. Persiapan untuk kegiatan ini cukup singkat dan sangat memeras otak bagi aku yang kebetulan juga memegang beberapa kegiatan lain pada rentan waktu yang berdekatan seperti SECON dan STIFEST. Berbekal pengalaman organisasi dan pembagian waktu yang aku punya aku berusaha semaksimal mungkin membagi waktu antara belajar,kuliah,dan organisasi alhamdulillah semua berjalan dengan baik meskipun ada tantangan dan rintangan masing-masing hehe. Terkait rintangan pada kegiatan ini ada banyak sih seperti ada proker lain dari divisi yang lain juga sedang berjalan atau akan dijalankan jadi resource tenaga panitia yang terbatas sehingga aku harus bisa mendelegasikan tugas dengan maksimal kepada panitia tanpa mengganggu proker lain, terus terkait budgeting aku harus bisa mengelola dan menjaga amanah dari nilai nominal yang tidak sedikit apalagi seperti buat mahasiswa kos kayak aku, kemudian terkait birokrasi perusahaan yang harus aku dan tim lakukan dengan penuh kesabaran seperti penolakan ataupun penantian yang panjang hehehe. Setelah semua kesiapan dan perijinan telah kita kantongi kita pun berangkat dari kampus tercinta.

Hari Pertama Kita tiba di Jakarta kurang lebih pukul 05:00 am WIB. Setibanya di Jakarta kita menuju masjid Istiqlal Jakarta untuk melakukan bersih diri dan sarapan sambil menghemat biaya agar tidak terkena charge karena waktu check in hotel pukul 12:00 pm. Setelah semua siap kita menuju Oracle Indonesia yang terletak di Senayan pukul 07:00 am. Ketika kita mau sampai kita menelpon menghubungi pihak Oracle dan pihak Oracle mengkonfirmasi bahwa masih belum siap jadi disuruh menunggu hehehe karena memang kita sampai di Senayan masih terlalu pagi sekitar jam setengah 8 sedangkan acara dimulai jam 9 hehehe ya tidak papalah budaya mahasiswa Stikom Surabaya emang datang tepat waktu sampai terlalu kepagian hahaha, waktu menunggu kita menunggu di stadion Gelora Bung Karno sambil berfoto-foto aku sendiri memilih tidur di bus saja wkwkwkwk. Ketika pihak Oracle Indonesia mengkonfirmasi telah siap kita langsung menuju ketempat. Kita disambut baik oleh salah satu perusahaan besar multinasional yang bergerak di bidang IT. Materi di Oracle Indonesia disampaikan oleh bpk M.Rizal Arryadi,CPIM,CSCP. Kita mendapat banyak pengetahuan tentang produk-produk Oracle yang ada banyak adapun yang terkait ERP,SAP,Cloud,dll yang keren-keren. selain itu juga mendapat pemaparan tentang kebutuhan IT kopetensi IT di dunia bisnis. Beliau juga menyinggung dan memberi info terkait Oracle Academy ataupun Partner Campus. Keuntungan yang saya ingat salah satunya kita bisa mendapatkan modul ERP free for Student secara gratis dari Oracle mengingat harga untuk perusahaan/umum yang sangat mahal. Namun untuk mendapatkan materi/pelatihan secara gratis ada beberapa hal seperti perjanjian kontrak kerjasama dan beberapa prosedur yang harus ditaati. Beliau juga berpesan kepada para mahasiswa bahwa kita mahasiswa bertanggung jawab dengan pendidikan yang ada disekitar kita sehingga kita diharapkan dapat berkontribusi mengenai pengetahuan dan pendidikan yang dapat kita bagikan untuk orang-orang disekitar kita. Kemudian di Era Sekarang pentingnya memiliki area kopetensi yang berbeda-beda yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan perusahaan. Itulah beberapa hal yang dapat aku sampaikan disini kan gamungkin juga kalau aku nyampein semua disini hahaha.  img_7208-largeimg_7214-large

Setelah selesai dari Oracle Indonesia kita langsung menuju ke Go-jek Indonesia yang ada di Kemang. Gojek sendiri merupakan perusahaan start-up yang sedang eksis,dan Gojek sendiri merupakan suatu produk dari anak bangsa. Kita dari HMSI Stikom Surabaya berkesempatan untuk mendapatkan ilmu dari dunia startup dan developer dari beberapa pemateri. Kita mendapatkan penjelasan pengenalan mengenai produk dari Gojek apps serta kebutuhan apa saja yang digunakan dalam sistem, bercerita tentang sejarah Gojek,dll. Para pemateri yang gaul-gaul dan keren-keren memberikan beberapa motivasi untuk kita juga.

Hari Kedua, kita melakukan Studi Banding ke Universitas kristen krida wacana. Di Ukrida kita melakukan studi banding dan sharing antar himpunan maupun prodi kita saling memaparkan yang ada di himpunan dan prodi masing-masing. Selain itu kita juga diajak berkeliling-keliling kampus untuk melihat-lihat fasilitas penunjang seperti lab,kelas,perpus dan lain-lain. Ada banyak hal menarik dan wawasan baru yang saling kita dapatkan dari kedua pihak. Tentunya kegiatan studi banding antar perguruan tinggi ini baik untuk kedua belah pihak agar dapat menjalin hubungan yang kuat.

 

Hari terakhir kita mengunjungi Galeri Seni Nasional, mengapa kita mengunjungi meskipun kita bukan dari prodi dkv ataupun berbagai aliran seni. Karena seni dapat merangkul semua aspek elemen perbedaan dalam kehidupan. Sehingga kita dapat memahami,mengetahui,merasakan sejarah dan perkembangan apa yang sedang di gambarkan oleh seseorang untuk mewakili kondisi maupun perasaan.

 

 

Yah udah dulu deh capek ngetiknya terima kasih buat temen-temen yang udah mampir di blog ku jangan sungkan-sungkan atau malas hehehe.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s