Kunjungan kerja ke DPM Universitas Brawijaya

Halo sodara” sekalian, nggak kerasa udah memasuki bulan ramadhan thn 1438 H. Aku ngucapin selamat menjalankan ibadah puasa bagi yang menjalankan, Semoga dengan adanya momentum bulan ramadhan dapat menjadikan kita insan yang lebih baik. Aku bakalan cerita nih pengalaman beberapa hari yang lalu, sebelum bulan puasa yaitu kunjungan kerja dema stikom ke dpm ub. Temen-temen pasti udah pada tau UB kan ? salah satu Universitas Negeri yang ada di Kota Malang – Jawa Timur. Kunjungan kerja ini sebagai salah satu program kerja yang ada di Dewan Mahasiswa Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya. Jadi selain menjalin relasi dengan organisasi di luar kampus tentunya juga menjadi momentum untuk kita belajar dan memahami sistem pemerintahan di kampus lain. Well, langsung aja deh

Kunjungan kerja ini dilaksanakan pada tanggal 22 Mei 2017, Ya tentunya tgl 22 Mei 98 bagi mahasiswa adalah hari yang paling diingat karena pada tgl itu mahasiswa menjadi salah satu elemen yang sangat penting dalam pergerakan sejarah bangsa Indonesia. Sedikit flashback ya hehe, Sejarah mencatat dari rangakaian peristiwa di bulan mei termasuk 20,21, dan 22 1998 adalah puncak perjuangan saudara-saudara dalam gerakan reformasi di Indonesia atau bisa dibilang runtuhnya rezim orde baru. Dimana pada waktu itu mahasiswa dari berbagai daerah menduduki gedung MPR/DPR Jakarta. Sedangkan pada tanggal 20 Mei juga diperingati sebagai hari kebangkitan Nasional. Kita pun sebagai anggota dewan mahasiswa stikom surabaya tidak mau ketinggalan untuk memperingati momentum ini dengan mengikuti upacara hari kebangkitan Nasional yang di selenggarakan kampus pada tanggal 22 Mei 2017. Setelah kita melaksanakan upacara di kampus baru lah kita berangkat menuju Universitas Brawijaya pukul 09:00 WIB.

Sesampainya di UB hal yang terbayang dari teman-teman adalah bangunan dan lahan universitasnya hahaha. Selain itu banyaknya jumlah mahasiswa yang ada di universitas brawijaya. Akupun langsung membayangkan sistem pemerintahan mahasiswa yang benar-benar gregettt. Suasana belajar mahasiswa yang di luar gedung pun juga terlihat sangat asoy. Ahh tapi tidak masalah meskipun berbeda dengan kampus kita, kita harus tetap bersyukur atas apa yang kita punya *sedikit bijak. Setelah kita beres” dan mempersiapkan hal-hal untuk diskusi dan kunjungan kita langsung menuju gedung LKM UB ruang sekretariat dewan perwakilan mahasiswa ub. Oh iya fyi pada tanggal tersebut kebetulan sedang diadakan Musyawarah Nasional Forum Lembaga Legislatif Mahasiswa Indonesia yang dilaksanakan di Manado, So beberapa pejabat dpm ub termasuk ketua tidak bisa hadir dalam kunjungan kerja kali ini. Namun masih ada Sekretaris Jendral yang mewakili bersama ketua komisi II dan pengurus yang lain. Ok kita udah sampai gedung LKM, sekilas info buat temen-temen stikom gedung LKM itu seperti Gedung Graha Kreativitas di kita. Jadi di gedung LKM terdapat tempat sekretariat ormawa,ukm,dll termasuk Ekskutif Mahasiswa pun bermarkas di gedung LKM.

Image_02fa597

Image_f735022

Seperti pada umumnya kunjungan kerja diawali dengan perkenalan masing-masing organisasi pemaparan tentang organisasi. Sesi ini diisi oleh mas Rio danu sebagai Ketua Komisi II Hukum dan Perundang-undangan dan perkenalan dari dema Stikom diisi oleh aku sendiri hehehe. Pemaparan yang pertama adalah Struktur Organisasi dan Gambaran Umum tentang organisasi. Ada perbedaan nama jabatan seperti Sekretaris Jendral, Jenis bidang pada masing-masing komisi namun tetap memegang peranan dan fungsi yang sama. Fungsi kita pun sama sebagai organisasi legislatif di tingkat Institut/Universitas kita memiliki fungsi Advokasi, Legislasi, dan Controlling. Dari Segi Struktur Organisasi dpm ub lebih mantab karena mereka telah memiliki struktur organisasi mahasiswa yang sah dan diakui. Dari segi garis koordinasi dan bidang pun saya rasa sudah cukup lengkap. Dan struktur organisasi yang pas juga pasti dapat mendukung dalam kemudahan berbirokrasi bukan membuat lama atau bingung. Kalo di dema stikom untuk struktur organisasi dibuat pas sehingga kita dituntut untuk dapat memaksimalkan sumberdaya di berbagai tugas, ya agak ramping lah hehehe. Setelah kita saling mengenalkan dan memberi pemaparan sesi selanjutnya adalah diskusi umum dan pembahasan isu”.

Image_f2ac0e7

Image_f06c99e

Di sesi ini menurutku dan teman-teman adalah sesi yang sangat menarik sehingga tak terasa menghabiskan waktu dan jam yang lama hehehe. Kita pun sempat ditawari untuk diskusi sampai malam. Tapi aku inget pak driver jadi kita batasi sampai sekitar jam 7 malam. Karena kalo tidak bisa sampai jam 10 malam hahaha. Beberapa isu yang kita angkat seperti Sidang Musyawarah Mahasiswa, Pemilihan Umum Pengurus Organisasi, Controlling dan budgeting anggaran, Aspirasi Mahasiswa, Produk Hukum hingga strategi-strategi Organisasi dalam menjalankan tugas dan peranya. Karena kita di dema stikom memiliki pr besar dan cooming soon yang inshaAllah kalo tidak ada halangan dapat direalisasi tahun ini. Membuat kita semakin tertarik untuk mempelajari dari apa yang telah mereka lakukan sebelumnya. Bukan aku aja temen-temen yang lain pun menambah ilmu mereka masing”. Kalo aku sih lebih ke arah tentang organisasi struktur, perluasan jaringan organisasi dan pengaruh. Sedangkan si akbar dan anam pun nggak ada habisnya untuk mencari tau tentang sidang dan musyawarah hahaha. Seperti yang kita tau memang bentuk organisasi-organisasi tiap kampus berbeda tapi kita harus tetap berpegangan dan berlandaskan sistem pemerintahan negara kita sendiri. Aku bersyukur sekali pengalaman ini menambah wawasan yang mungkin tidak diajarkan diperkuliahanku , dari sini aku belajar bagaimana penerapan sistem pemerintahan di kampus sesuai fungsi dan peran masing-masing. Akupun teringat jasa-jasa para pendiri bangsa ini hehehe mereka semua adalah orang-orang keren yang berjuang untuk negara ini. Sekian sedikit ceritaku tentang kunjungan kerja kemarin, terima kasih buat pembaca setia blog ku. Talent doesn’t exist every human are equals in potential.

Image_d03bff2

Terima kasih yang sebesar-besarnya buat kampusku tercinta yang telah memberikan sponsor untuk pengalaman ini :p Stikom Surabaya , Terima kasih buat Dewan Perwakilan Mahasiswa Universitas Brawijaya yang telah berkenan mempersiapkan acara dan menerima kita, Tak lupa juga terima kasih buat teman-teman Dema yang selalu siap sedia dengan arahan dan perintah hehe dan loyalitasnya. Terima kasih buat bag. Kemahasiswaan yang dengan mottonya “kesuksesan mahasiswa adalah kebanggan kami”, Terima kasih buat bag. AU yang selalu siap sedia memfasilitasi :p , Terima kasih pak driver dan terima kasih buat semua -_- hahaha enjoyed.

Image_2e7dc3b

VIVA LEGISLATIVA

http://dema.stikom.edu/

http://dpm.ub.ac.id/

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s