Hallo sobat, gmana kabarnya ? semoga senantiasa diberi kesehatan ya. Semester akhir dan di Akhir jabatan dalam kepemimpinan salah satu ormawa di Kampus, rasanya bikin geleng geleng abis. Deadline dimana-mana laporan ditunggu-tunggu udah jadi santapan gurih sehari-hari hehehe, itu semua mungkin yang bikin aku udah beberapa bulan tidak menerbitkan artikel. Kali ini aku bakalan bahas tentang pengalaman beberapa minggu kemarin yaitu sebagai pengawas dalam kegiatan LKMM-TD Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya yang diselenggarakan oleh Senat Mahasiswa. Kali ini aku bukan jadi peserta ya tapi jadi PENGAWAS hehehe, simak deh ceritanya….

Sebelum aku bahas cerita tentang kegiatan kemarin, aku pingin sekedar sharing apasih itu lkkmtd dan apa manfaatnya menurut perspektif dari Alwi Assegaff. Mungkin bagi beberapa mahasiswa yang penasaran pada bertanya “apasih lkmmtd itu kak?” oke jadi LKMM-TD itu adalah Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa – Tingkat Dasar hahaha yang intinya yaitu suatu kegiatan pelatihan untuk membekali mahasiswa dalam mengelola suatu kegiatan dari mulai merencanakan, mengeksekusi hingga mengevaluasi. “Aduh kak kuliah kan udah padet ngapain ikut-ikut kayak gitu, emang manfaatnya apa?” jawabanku cukup “Manfaatnya banyak cuy haha”. “Lah apa aja kak contohnya?” nah ini beberapa manfaat yang menurut aku 1. Mendapat ilmu ttg manajemen yang sesuai porsi dari akademik jadi materi yang diajarkan nggak sembarangan lho guys materinya resmi ada dari kurikulum, jadi kalo ilmu ttg manajemen kegiatan yang nggak resmi kan bermacam-macam namun tidak sesuai dengan kaidah-kaidah akademik, 2. Tentunya bertemu dan berkolaborasi dengan teman baru yang sama-sama memiliki potensi bagus dan ilmu yang berbeda. 2 hal itu yang menurutku paling penting dan yang jelas masih banyak lagi manfaat yang lain. Oh iya fyi LKMM sendiri ada tingkatannya yaitu TD atau Tingkat dasar kemudian TM atau Tingkat menengah dan yang terakhir TL Tingkat Lanjut. Jadi aku bakalan cerita ini yg TD

LKMM-TD Tahun ini dilaksanakan berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang hanya 2 hari 1 malam kali ini dilaksanakan dari hari Juma’t hingga Minggu tgl 24-26 November 2017 di Villa Stikom desa Sajen Kab.Mojokerto. Kegiatan LKMM-TD kali ini meliputi pemberian materi tentang Teknik Pengendalian Motivasi, Kreativitas dalam Berkarya, Perumusan Gagasan, Hakikat Organisasi, Penjabaran Rencana Kerja dan Kepanitiaan, Branding Organisasi, Administrasi Kesekretariatan, Pembuatan Proposal & Laporan Pertanggung Jawaban, dan beberapa materi pendukung lain seperti Refleksi,dll.

Pastinya LKMM-TD kali ini bukan hanya pembekalan materi saja, tapi ada pembekalan nilai-nilai dalam kegiatan yang diaplikasikan dalam Outbound, Jelajah/Jalan-jalan pagi dan Penugasan tertentu untuk meraih sertifikat kelulusan. LKMM-TD kali ini untuk istirahat dan rumpik peserta di temptkan di Tenda komando sedangkan untuk tempat mendapatkan materi pelatihan berada di Balai desa Sajen mirip-mirip kayak mahasiswa KKN gitu deh hehehe. Namun karena musim hujan dan sempat tak terkendali karena air hujan yang masuk ke tenda peserta, akhirnya pada malam kedua peserta di tempatkan di Balai Desa untuk beristirahat. Alhamdulillah meskipun ada beberapa insiden di luar kendali namun peserta tetap semangat, sehat dan bahagia sampe akhir acara.

Hari pertama pada LKMM-TD diisi dengan Upacara Pembukaan dan Pemberian Materi-Materi, tapi dihari pertama aku tidak berangkat bareng peserta dikarenakan ada beberapa keperluan yang tidak bisa ditinggalkan di Kampus, jadi aku sampai desa Sajen malem jam 7’an.

IMG_9563 (Large)
Upacara Pembukaan LKMM-TD oleh Wakil Rektor III Bpk Bambang Hariadi

1511751565488 (Large)

IMG_9680 (Large)
Diskusi Kelompok

IMG_9733 (Large)

Hari kedua diawali dengan kegiatan Outbond bagi masing-masing kelompok peserta. Pada waktu outbond aku kebagian menjaga pos permainan bambu melayang dimana pada game ini membutuhkan konsentrasi tinggi dan kesabaran wkwkwk. Enggak cuma outbond dihari kedua ini juga ada penyampaian beberapa materi.

DSC_1767 (Large)

DSC_1783 (Large)
Game tentang pipa pipa paralon yang gaboleh bocor gitu deh

IMG_9894 (Large)

 

IMG_9914 (Large)
Nah ini game bambu melayang
IMG_9949 (Large)
Game tiup tiup gitu deh :)))

Pada malem ke 2 untuk mengisi kehangatan suasana dan wawasan organisasi maka diadakan sharing ormawa sehingga peserta dapat wawasan dan memberi pertanyaan tentang kehidupan para aktivis dan organisasi. Acara sharing ormawa kali ini diisi oleh Dewan Mahasiswa dan Senat Mahasiswa.

IMG_8216 (Large)

IMG_8225 (Large)

Hari ketiga atau hari terakhir dari rangakaian LKMM-TD pada hari ini ada kegiatan jelajah, senam, presentasi juga. Hari terakhir di pengalaman yang berkesan bagi rekan-rekan semuaaa eeaa hahaha. Jalan-jalan pada hari ini bukan mengelilingi kota ya tapi mengelilingi sawah, menuruni tebing, melintasi sungai :))) seru deh.

IMG_8236 (Large)
Senam Pagi sebelum Jalan-Jalan :))
IMG_8251 (Large)
Memulai jalan-jalan pagi šŸ™‚

IMG_8267 (Large)

IMG_8288 (Large)
Menyebrangi sungai/kali/river :)))

IMG_8329 (Large)

IMG_8364 (Large)
akhir dari jalan-jalan pada hari ketiga ditutup dengan pemberian ucapan selamat dan berjabat tangan :))
IMG_8378 (Large)
Presentasi tugas kelompok
IMG_8399 (Large)
Upacara penutupan LKMM-TD

Ya itu tadi beberapa foto-foto kegiatan dari LKMM-TD tahun ini, semoga kedepan kegiatan LKMM-TD lebih baik dan bermanfaat lagi. Mahasiswa bukan hanya untuk dijejali materi tapi mahasiswa juga perlu mendapat kesempatan untuk bersenang-senang :))). Aku mewakili teman-teman Dewan Mahasiswa mengucapkan terimakasih bagi Senat Mahasiswa yang sudah menyelenggarakan kegiatan ini, kemudian Lembaga dan Tentunya bagian Kemahasiswaan yang senantiasa mendukung dan menemani teman-teman mahasiswa wkwkwk yang rela ikut basah basahan. Oh iya ini ada beberapa foto bonus dari panitia :))

DSC_1814

IMG_9955 (Large)

IMG_9524 (Large)

Sampai jumpa dikegiatan selanjutnya :))) semangat berkontribusi dan berprestasi.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s